THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 29 Oktober 2008

Jawaban UTS

1 Sebutkan beberapa pengertian media menurut berbagai sumber?

a) menurut Schram, 1997.

Media adalah teknolofgi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelaaran , jdi media adalah perluasan dari guru

b. Menurut NEA 1969

media adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk teknologi peranqngkat kerasnya.

c. Menururut Briggs 1970

media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar

d. Menurut aect 1977

media adalah segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk prose penyaluran pesan.

e. Menurut gagne 1970

media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar

f) Menurut Miarso 18989

media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran perasaan, perhatian, dan kemauan nsiswa untuk belajar.

g) Menurut heinich 1993

Media adalah alat saluran komunikasi

2. Bagaimana kedudukan media dalam pembelajaran?

Untuk menunjang pencapaian tujuan pembelajaran dibantu oleh penggunaan alat bantu pembelajaran yang tepat dan sesuai karakteristik komponen penggunaannya. Hal tersebut didapat dari media.

3. Apa dasar pertimbangan dari pengklasifikasian media pembelajaran?

Pada dasarnya media yang banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran adalah media komunikasi. Salah satu cara diantarnya ialah dengan menekankan pada teknik yang digunakan dalam pembuatan media tersebut. Contoh, gambar, fotografi, rekaman audio, adapula yang dilihat dari cara yang dipergunakan untuk mengirimkan pesan melalui siaran televise atau optik, namun ada beberapa factor yang mempersulit klasifikasi yaitu untuk menentukan apa yang termasuk atau tidak termasuk media. Yang menjadi dasar utama adalah apakah suatu sarana komunikasi dapat menyampaikan program secara lengkap atau tidak. Pengembangan system klasifikasi dapat mencakup bernbagi macam sarana komunikasi denagn memahami media yaitu dengan cara memasukan segala sesuatu yang diambil manfaatnya oleh seorang instruktur untuk meningkatkan pembelajaran.

Dalam pengklasifikasian media harus diketahui “sifat umum apa yang dimiliki oleh berbagai media seperti buku, slide, rekaman, audio, yang orang mengenali benda-benda tersebut sebagai bentuk media. Hal ini dapat dijawab dengan fungsi yaitu apa yang dilakukan dan bagaimana cara melakukannya.

4. Jelaskan tujuh kelompok media yang digunakan dalam proses pembelajaran!

a. Kelompok kesatu

1. media grafis: grafik, diagram, bagan, sketsa, poster, papan flannel, bulletin board

2. media bahan cetak: buku teks, modul, bahan pengajaran terprogram

3. media gambar diam: foto

b. Kelompok kedua

1. Media OHP dan OHT

2. Media OPAQUE PROJEKTOR

3. Media Slide

4. Media Flimstrip

c. Kelompok ketiga

1. media radio

2. media alat perekampita magnetik

d. Kelompok keempat: media audio visual diam

e. Kelompok kelima: film

f. Kelompok keenam

1. media televisi terbuka

2. media televisi siaran terbatas

3. media video cassette recorder

g. Kelompok ketujuh: multimedia

5. Apakah setiap kelompok media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam penggunaanya? Jelaskan dengan contoh konkrit!

· Kelebihan kelompok media pembelajaran ke satu

üDapat mempermudah dan mempercepat pmahaman siswa terhadap psan yang disajikan

üDapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak

üPembuatannya mudah dan harganya murah

üPerbaikan mudah dilakuakan

· Kelemahan media pembelajaran kelompok ke satu

üProses pembuatan lama

üBiasanya ukuranya terbatas sehinggan kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar

üPenyajian pesan hanya berupa unsur visual

· Kelebihan media pembelajaran kelompok kedua

üDapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas

üDapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu uyang relative singkat

üMerangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang konkret

· Kelemahan media pembelajaran kelompok kedua

üMemerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya

üMemerlukan biaya yang besar

üHanya dapat menampilkan gambar diam

· Kelebihan media pembelajaran kelompok ketiga

üMemilki variasi program yang cukup banyak

üHarganya relative murah

üSanagt efektif untuk pembelajaran bahasa

· Kelemahan media pembelajaran kelompok ketiga

üSifat komunikasi hanya satu arah

üDaya jangkauan terbatas

· Kelebihan dan kelemahan media kelompok keempat tidak jauh berbeda dengan media proyeksi diam. Perbedaanya hanya pada aspek suara pada media audio visual diam.

· Kelebihan media pembelajaran kelompok kelima

üMemberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa

üSangat bagus untuk menerangkan suatu proses

üMengatasi kterbatasan ruang dan waktu

· Kelemahan media pembelajaran kelima

üHarga produksi mahal

üPembuatan membutuhkan banayk waktu dan tenaga

üMemerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya

· Kelebihan media pembelajaran kelompok keenam

üJangakauan penyebarannya sangat luas

üKomunikasi dapat dilakukan dua arah

üProgram dapt diulang-ulang

· Kelemahan media pembelajaran kelompok keenam

üGambarnya relative kecil

üKadangkala terjadi distorsi gambar dan warna akinbat kerusakan atau gangguan magnetic

Kelebihan media pembelajaran kelompok ketujuh

üSangat baik untuk kegiatan belajar mandiri

üSiswa memilki pengalaman yang beragam dari segala media

üDapat menghilangkan kebosanan siswa karena media yang digunakn lebih berfariasi

· Kelemahan media pembelajaran kelompok ketujuh

ü Biayanya cukup mahal

ü Memerlukan perencanaan yang matang dan tenaga yang professional

6. bagaimana mendesain media pembelajaran agar proses belajar menjadi menarik Dan menyenangkan bagi warga belajar?

· Sitematika perencanaan media

ü Memahami hakikat perencanaan media

ü Perumusan tujuan,

ü Perumusan materi

ü Perumusan alat pengukur keberhasilan

· Penulisan naskah media

ü Memahami pengertian naskah media ( jenis naskah media, naratif, music, peristilaan teknis, format naskah, shooting, scenario, pengambilan gambar, gerakan kamera, efek visual dasar ).

7. Apakah pembelajaran geografi membutuhkan media pemberlajaran?mengapa?

Ya, karena geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi, dimana terdapat banyak fenomena-fenomena yang perlu digambarkan atau divisualisasikan dalam penyampaian ilmu didalam objek kajian tersebut. Misalnya, proses terjadinya siklus hidrologi. Maka seorang pendidik atau guru harus meberikan informasi mengenai proses tersebut. Contohnya dengan penampilan gambar (power point), perlu media film dalam menyampaikan proses terbentuknya suatu fenomena geografi. Contohnya terbentuknya danau, sedimentasi, tektonik lempeng, proses meletusnya gunung api. Ilmu tersebut tiadak bisa dipahami siswa jika seorang guru hanya menyampaikan teorinya saja.

8. Sebutkan media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan tentang antroposfer?

Sebaiknya, siswa dianjurkan untuk terjun langsung kelapangan guna melihat apa saja yang tejadi. Penyajian data dalam bentuk tabel, gambar sangat dianjurkan guna menyampaikan informasi kepada siswa.

0 komentar: