THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 30 Oktober 2008

My Photo

Contoh erosi oleh gelombang air laut (pantai karang hawu, Palabuan Ratu, Sukabumi)

Pengikisan merupakan suatu proses pelepasan dan pemindahan massa batuan secara alami dari suatu tempat ke tempat lain oleh suatu zat pengangkut yang bergerak diatas permukaan bumi. Proses erosi umumnya dimulai daro proses pelapukan terlebih dahulu, baik secara fisis maupun kimia, lalu diangkut dan diakhiri dengan proses pengendapan (sedimentasi). Ada empat pelaku utama unutuk terjadinya proses erosi yaitu, air mengalir, gelombang dan arus laut, gletser atau massa gerakan es, dan angin.
(mendukung materi kelas X SMA BAB Litosfer, tentang pengikisan)

Pantai loji, Palabuan Ratu, Sukabumi

Gambar diatas merupakan salah satu jenis tepian laut yang berbentuk landai. Pantai merupakan suatu wilayah yang dimulai dari titik terendah air laut pada waktu surut hingga arah ke daratan sampai batas paling jauh gelombang atau ombak menjulur ke daratan. Jadi wilayah pantai dapat disebut juga suatu daerah tepian laut. Adapun tempat pertemuan air laut dan daratan dinamakan garis pantai (shore line). Shore line ini setiap saat bisa berubah sesuai dengan perubahan pasang surut air laut.
(mendukung materi kelas X SMA, BAB Laut dan Pesisir, tentang pantai landai)

Contoh pantai curam/ cliff (pantai karang hawu, Palabuan Ratu, Sukabumi)

Bila gambar sebelumnya menampilkan contoh pantai landai, maka gambar diatas merupakan salah satu contoh gambar pantai yang curam yang terdapat di Palabuan Ratu, Kab. Sukabumi. Wilayah tepian laut selain gambar tersebut, betuknya bermacam-macam, ada yang landai ada pula yang curam. Tepian laut yang landai ada yang berpasir dan ada pula yang berlumpur. Tepian laut yang curam seperti dinding batu disebut cliff. Pantai berpasir disebut mud-beach.
(mendukung materi kelas X SMA BAB Laut dan Pesisir, tepian laut curam)

Pantai karang hawu, Palabuan Ratu, SUKABUMI

Gelombang adalah suatu bentuk punggung air yang menyerupai bentuk bukit yang dapat berubah bentuk pada permukaan air. Komar (1983) membagi gelombang menjadi 3 jenis, yaitu sea, swell, dan surf. Sea adalah gelombang yang langsung dibangkitkan oleh angin, swell adalah gelombang lanjutan dari gerakan air yang terdorong oleh kekuatan gelombang sea, dan surf adalah yang telah pecah (break) mendekati garis pantai. Ketiga gelombang tersebut dapat pula dikelompokan menjadi dua. Yaitu atas dasar langsunh tidaknya dipengaruhi oleh angin. Sea dan swel disebut gelombang primer, sedangkan surf termasuk gelombnag sekunder karena gelombang tersebut terbantuk oleh faktor yang tidak sama dengan penyebab terbentuknya helombang primer.
(mendukung materi kelas X SMA, BAB Laut dan Pesisir, tentang gelombang)

0 komentar: